RANCANGAN
INSRTUMEN PENELITIAN
PERILAKU
PEMALU
SISWA
SEKOLAH
MENENGAH
ATAS
Fazrah Suleman
NIM: 111 410 025
- INSTRUMEN PENGUMPUL DATA
- Jenis Instrumen
Jenis instrumen yang
dipakai dalam penelitian ini adalah instrumen kecerdasan sosial
dengan menggunakan skala pengukuran “skala Guttman”. Melalui
skala Guttman akan diperoleh jawaban yang tegas, yaitu “ya-tidak”.
Data yang diperoleh berupa data dikotomi.
Pernyataan dalam
instrumen berupa pernyataan positif dan penyataan negatif. Untuk
setiap pernyataan positif diberi skor 1 untuk yang menjawab “ya”
dan 0 untuk yang menjawab “tidak”. Sedangkan setiap penyataan
negatif diberi skor 0 untuk yang menjawab “ya” dan skor 1 untuk
yang menjawab “tidak”.
Pernyataan
|
Jawaban
|
Skor
|
Positif
(+)
|
“ya”
|
1
|
“tidak”
|
0
|
|
Negatif
(-)
|
“ya”
|
0
|
“tidak”
|
1
|
- Pengembangan Kisi-kisi Instrumen
Kisi-kisi instrumen
kecerdasan sosial dikembangkan dari definisi operasional variabel
penelitian yang di dalamnya terkandung aspek-aspek indikator untuk
kemudian dijabarkan dalam bentuk pernyataan.
- DEFINISI OPERASIONAL VARIABEL (DOV)
Bahwa
pemalu (shyness)
adalah suatu sifat bawaan atau karakter yang dibawa sejak lahir yang
juga merupakan hasil belajar atau respond terhadap suatu kondisi
tertentu.
Ada
yang mengartikannya sebagai sesuatu yang "aneh",
"hati-hati", "curiga" dan sebagainya.
Definitifnya, pemalu sebagai suatu keadaan dalam diri seseorang
dimana orang tersebut sangat peduli dengan penilaian orang lain
terhadap dirinya dan merasa cemas karena penilaian sosial tersebut,
sehingga cenderung untuk menarik diri.
Kecenderungan
menarik diri ini sudah dimulai sejak masa kanak-kanak, bahkan sejak
bayi. Kita dapat melihat ada bayi-bayi yang menangis jika didekati
orang atau tidak mau untuk dipegang. Sebaliknya ada juga bayi-bayi
yang tidak pemalu, mereka membiarkan diri mereka berada dekat orang
lain, dan tidak menolak digendong oleh orang yang tidak dikenal.
Sifat
pemalu dapat menjadi masalah yang cukup serius sebab akan menghambat
kehidupan anak, misalnya dalam pergaulan, pertumbuhan harga diri,
belajar, dan penyesuaian diri. Umumnya ciri anak pemalu ialah terlalu
sensitif, ragu-ragu, terisolir, murung, dan juga sulit bergaul. Jadi
mereka perlu diberi bantuan.
Aspek kecerdasan
emosi
yang dimaksud dalam penelitian ini diambil, adalah:
Perilaku
pemalu. Rasa
malu adalah emosi yang dipahami umum tetapi sedikit. Semua orang
merasa ambivalen atau sadar diri dalam situasi sosial baru..
Namun, pada rasa malu dapat mengganggu perkembangan sosial optimal
dan membatasi belajar anak-anak.
KISI-KISI
INSTRUMEN PERILAKU
PEMALU
SISWA
SEKOLAH MENENGAH ATAS
Aspek
emosi negatif
|
Indikator
|
pernyataan
|
jumlah
|
||||
(+)
|
(-)
|
|
|||||
Perilaku
pemalu
|
1.
siswa mampu beradaptasi dengan lingkungan baru
|
2
|
1
|
3
|
|||
2.
siswa mampu berbicara di depan
banyak orang
|
1
|
2
|
3
|
||||
3.
siswa mampu berpikir positif terhadap dirinya
|
2
|
1
|
3
|
||||
4.
Siswa mampu menampilkan diri dengan efektif ketika berinteraksi
dengan orang lain
|
2
|
1
|
3
|
Aspek
Kecerdasan Emosi
|
Indikator
|
Pernyataan
|
Keterangan
|
Saran/komentar
|
||||
Memadai
|
Tidak
memadai
|
|
||||||
Perilaku
Pemalu
|
1.
siswa mampu beradaptasi dengan lingkungan
|
1.
saya mampu untuk menyesuaikan diri dengan teman (+)
2.
saya merasa sulit untuk bergaul dengan teman-teman (-)
3.
saya mampu untuk bersosialisasi dengan orang lain (+)
|
|
|
|
|||
2.
siswa
mampu berbicara di depan banyak orang
|
4.
saya merasa malu ketika berbicara di depan umum (-)
5.
saya senang dengan adanya diskusi (+)
6.
saya merasa pesimis dengan keadaan saya (-)
|
|
|
|
||||
3.
siswa mampu berpikir positif terhadap dirinya
|
7.
saya yakin saya mempunyai potensi untuk meraih impian saya (+)
8.
saya bingung memahami diri saya sendiri (-)
9.
saya mampu berfikir rasional (+)
|
|
|
|
||||
4. Siswa mampu
menampilkan diri dengan efektif ketika berinteraksi dengan orang
lain
|
10. Saya
menggunakan bahasa yang baik dan benar saat berbicara dengan orang
lain (+)
11. Saya
merasa gugup saat mengungkapkan pendapat (-)
12. Saya
lancar dalam mengungkapkan pendapat pada orang lain (+)
|
|
|
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar